Smartphone, Gadget yang bikin “gilaa” !!!

30 Jun 2011

Setelah mengikuti acara ngopi bareng detikinet. Yang tidak terpikirkan selama ini dikupas tuntas, dari pengguna Android, Blackberry, Iphone atau nokia, semua mengaku smartphone. Ponsel pintar yang bisa membuat produktifitas, gaul, internetan, sms, telpon dll. Artinya dengan 1 ponsel saja semua komunikasi dan teknologi bisa dicapai hanya dengan jari anda dimanapun. Dari bangun pagi hingga tidur lagi serasa tidak mau dipisahkan dengan barang pintar ini.

Menurut mas Wicak moderator ngopi detikinet, ada 200 juta nomor selular yang sudah keluar di seluruh Indonesia, tetapi hanya 125 juta yang aktif. Sudah dibayangkan bahwa total itu hampir menyamai penduduk yang ada, dan 1 orang bisa menggunakan lebih dari 1 ponsel. Itulah mengapa perusahaan gadget telpon gengam berlomba-lomba bersaing dalam merebut pasar yang sangat luar biasa itu di Indonesia.

smartphoneSebagian eksekutif muda dan kalangan bisnis smartphone membantu meningkatkan produktifitas, dengan menerima dan mengirim email, blackberry messenger dalam group, merekam video, photo, download, google maps, dll. Mobilitas tinggi membuat orang masing-masing memilih sesuai kebutuhan yang paling bisa mendukung itu semua.

Tetapi saking terlalu pintarnya smartphone punya efek samping yaitu membuat orang lupa terhadap lingkungan dan sekitar, semua sibuk dengan smartphone nya masing-masing. Bahkan dalam satu ruangan atau mobil tidak ada yang bersuara karena kesibukan itu. Bayangkan betapa ironinya bila keluarga sedang makan malam saja, harus menganti garpunya dengan smartphone.

Beda lagi cerita pak Johan “blackberry”, temannya di Malaysia harus kehilangan blackberry karena dirampas ditempat umum. Menurutnya tidak banyak juga yang malah kecelakaan karena salah tempat menggunakan gadgetnya.

Sekarang semua tergantung dari orangnya, pesan pak Lucky “android”, apapun gadget anda gunakan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan, management waktu dan kesadaran diri, agar kita tidak terbunuh atau “gila” karena smartphone yang kita gunakan. Bukankah kita, juga harus meghabiskan waktu bicara bersama keluarga dan sahabat dekat tentang hal-hal yang lebih unik.

Media juga diminta memberikan informasi yang akurat mengenai teknologi agar tidak rancu diterima masyarakat. Memang diakui kadang sebagian masyarakat kita justru “overdosis” bila menemukkan hal baru yang hebat, membuat ketergantungan terhadap barang tersebut dan malas.

PS: Gunakanlah smartphone untuk menunjang aktifitas anda sebaik-baiknya dengan kesadaran diri dan management waktu.

Masih bingung? tanyasaja


TAGS smartphone gadget blackberry android nokia iphone detikinet ngopi detikinet teknologi media


-

Author

Follow Me