Pertama kali puasa

1 Aug 2011

Ini adalah tahun ke delapan aku menjalankan ibadah puasa. Tak ada yang berubah sejauh ini, tetap saja sahur sendirian. Menjalankan ibadah puasa adalah anugrah terindah yang bisa aku rasakan. Ketenangan dalam menahan hawa nafsu adalah tantangan tersendiri. Maklum aku hidup sendirian dari umur 16 tahun dijakarta dan keluargaku semuanya non muslim.

Hari pertama kali puasa, karena tuntutan kerja membuat aku harus tidur larut malam dan kemudian bangun lagi untuk sahur. Tidak ada masakan, tidak ada apa-apa, hanya dengan segelas nutrisi saja. Ibadah puasa ini tidak akan merubah apa-apa dalam menjalankan aktifitas kantor, hanya menambahkan jam ibadah saja.

Naaah hari ini ada hal yang membuat aku jengkel. Ada urusan yang harus membuat aku meeting di Central Park siang tadi. Sebenarnya janji hari sabtu kemaren mau meeting, karena orangnya tidak bisa akhirnya diundur hari ini. Dalam bbm (blackberry messenger) beliau bilang akan traktir aku. Sudah berkali-kali aku bilang pada hari senin itu aku sedang berpuasa, jadi terima kasih.

Sampailah tepat jam 1 siang ke foodcourtnya, bagi aku sih biasa saja melihat orang makan ya, toh kita sudah niat dan sugesti tentang makanan dan minuman itu sudah disetting abis magrib makannya hehe… Naah teman meeting aku ternyata sengaja tidak memesan makanan sebelum aku datang. Pas aku sampai dia bilang “lu mau pesan apa?” “gw lagi puasa” “lu serius lagi puasa?”. Lha iyalah kan gw muslim. Dia pikir aku bercanda, sial dalam hati ku. Tampang gw nipu kali yee?

Akhirnya aku harus menemani dia makan, sambil bicarakan hal-hal yang menurut aku tidak penting. Hmmm… mana makanannya yang tidak halal alias nasi campur, plus somay dan minumannnya “walau sudah berkali-kali minta maaf sih” that’s ok .Menurutku wajar saja. Kan kita sedang berpuasa, jadi tidak akan mempengaruhi apa-apa toh, kalau ada yang minum atau makan didepan kita.

Yaah walau sudah panas-panasan naik motor kesana, menemani orang makan saat berpuasa, semua pasti ada hikmahnya karena puasa adalah ibadah pribadi, jadi tidak ada hubungannya dengan personal lain.

PS: Puasa bukan menjadikan kita manja dan berkeluh kesah, apalagi sampai mengabaikan pekerjaan

Masih bingung? tanyasaja


TAGS ramadhan puasa pekerjaan central park meeting pertama kali puasa


-

Author

Follow Me